Jumat, 04 Desember 2009

inilah keajaiban alam. aku mempercayainya.

ujian.

3 suku kata. u-ji-an. uji mendapat akhiran -an. soalnya kalo dapat awalan me- itu berarti judul film gw dengan talent woro yang didiskualifikasi oleh juri tolol. haha. oke ujian. harusnya kamus besar bahasa indonesia menambah arti baru untuk kata ini. arti barunya adalah: ke phototalk, fotokopi slip pembayaran, ke akademik, mencet nomer antrian, ngecap kartu ujian, pulang, ke warnet, ngecek jadwal di academics, nyari nomer hp anak pinter di kelas, sms dia, minjem catetannya, lalu ke tri edhi buat fotokopi.

gw adalah mahasiswa B. gw selalu dapet B. oke ga selalu. tapi 90% nilai gw adalah B. entah kenapa, sebodoh - bodohnya gw dalam menjawab soal, gw akan mendapat nilai B. begitu juga jika gw belajar mati - matian. belajar mati - matian di sini adalah belajar dari pagi sampe malem untuk ujian besok. pasti gw akan mendapat nilai B juga.

contohnya adalah ujian statistika1. yang ini sumpah tolol. hahaha. jadi ceritanya adalah, gw, malta, wibi, dan harsya, belajar bareng di kosan harsya. ngapalin semua rumus. baca semua bahan. latian soal - soal. saling tanya jawab. pokoknya bener - bener belajar. dan ga kerasa akhirnya pas udah capek semua, jam sudah menunjukkan pukul 3 pagi. ujian statistikanya jam 07.30. ide bodoh akhirnya muncul. karena takut kebablasan kalo tidur, maka kita semua sepakat menunggu jam 07.30 tiba dengan cara bermain DOTA. hahaha. akhirnya kita berangkat ke genesis yang letaknya masih di jalan monjali ketika itu. maen 3 game akhirnya pulang jam 7. jam 07.30 ujian. hahaha. ga pake mandi, cuman cuci muka sikat gigi dan rokok sebatang, langsung berangkat ke kampus. di dalem kelas, kepala gw berat banget. kayak abis mabok. plus ngantuk. hahaha. tapi ngerjainnya sih lumayan lancar. lagian juga open book. dan ketika nilai sudah keluar, ternyata gw dapet B.

itu baru statistika. lain lagi ceritanya dengan manajemen operasi. dosennya termasuk blak - blakan kalo ngomong. gw suka dosennya. daripada kerjaannya cuman nyindir mending kayak dia. kalo ga suka bilang ga suka. kalo presentasi jelek bilang jelek. contoh

hari pertama kuliah
dosen : "coba fatihatul, mengapa perusahaan butuh mutu?"
fikri : "biar dagangannya laku bu"
dosen : "jawabanmu kayak jawaban tukang beras di pasar"

dosen : "faza wardhana, saya mau dengar idemu tentang mutu"
faza : "wah bu, saya belum ada ide"
dosen : "kamu ngapain aja, udah 1 jam di sini ga ada ide, mendingan kamu keluar aja sekarang"

ada lagi yang lain.
dosen : "coba sentiaji, apa itu inventory?"
adjie : "persediaan bu"
dosen : "itu bahasa indonesianya, coba kamu fatihatul sebelahnya"
fikri : "sama bu"
dosen : "tanggung jawab akademis kalian di mana?"

hahaha. gw ngakak mulu kalo inget kelas manajemen operasi.

dan ujian mid gw cuman dapet 19. nilai apa coba 19? hahaha. nilai terendah di kelas. gw ketawa ngakak pas ujian mid dibagiin di kelas. kemudian tibalah saat ujian akhir. gw ga mau dong dapet 19 lagi, gw belajar seadanya. yah asal aja. yang penting gw ngerti dikit deh. ternyata soalnya lumayan susah. tapi ada 2 pertanyaan bonus, yang menurut gw itulah sumber nilai gw. pertanyaan dan jawaban ini serius loh. ga boong sama sekali.

1. Apa nilai yang kamu harapkan dari mata kuliah ini?
begini bu, berhubung nilai ujian mid saya hanya mendapatkan nilai 19, maka tidak mungkin saya mengharapkan B apalagi bermimpi mendapat A. saya cukup berharap saya dapat lulus dengan nilai C. itu sudah cukup sekali buat saya.

2. Evaluasi kegiatan perkuliahan kita selama 1 semester yang lalu!
Ibu itu agak sedikit otoriter dan banyak intimidator. mahasiswa menjawab pertanyaan ibu karena takut sama ibu. bukan karena mereka bisa. mereka belajar atau membaca materi beberapa hari sebelumnya karena bukan karena ingin tahu. tapi karena tidak ingin diintimidasi ibu di dalam kelas.

gila yah gw nulisnya begitu. gw udah siap ngulang mata kuliah itu. tapi tau ga? pas nilainya udah keluar, gw kaget. nilai gw B! dengan jawaban seperti itu. entah apa yang membuat ibu itu ngasi gw nilai B. mungkin ngasi nilai B ke gw tidak objektif. tapi subjektif. mungkin karena gw jujur gw malah dikasih nilai B. kiky aja yang pasti jawaban ujiannya lebih panjang daripada punya gw malah dapet C. isinya ngemeng doang sih lo. hahaha mampus lu. hahahahahaha.

itu 2 contoh yah. ada lagi. statistika2. gw sekelas ama adjie, gerginto, dibyo, wibi, dan yanuar. dan yang bisa dan mengerti cuman dibyo. gw cuman masuk kuliah 4 kali selama 14 kali pertemuan. sisanya entah tanda tangan tiruan siapa yang mengisi di sebelah nama gw. gw masuk cuman ngasi benchmark tanda tangan gw di absen. sama ngumpulin tugas. soalnya statistika kuliahnya pagi. gw ga bakal bangun untuk hal yang ga penting. hahaha. gw juga udah pasrah dengan statistika2 itu. materi kuliah banyak dan susah sekali. gw udah males duluan. soal ujian mid ternyata susahnya minta ampun. dah gitu make bahasa inggris pula. gw cuman jawab 2 soal. itu juga asal nulis. ternyata pas dibahas di kelas jawabannya gila. 1 nomer 1 halaman. hahaha. gw ga berharap banyak sama statistika2. udah siap ngulang. lucunya lagi, deretan duduk ketika ujian dari depan ke belakang dihuni oleh: adjie, gw, wibi, gerginto, yanuar. deretan bego istilahnya. hahaha.

pas uas tinggal besok, semua dateng ke kontrakan wibi. semua pada belajar. seenggaknya mereka berharap untuk bisa jawab 1 atau 2 soal. gw juga. setelah ngerjain tugas buat uas, gw baca - baca seadanya. gw udah pasrah. gw nginep di kontrakan. ke kampus bareng wibi dibyo yanuar. dan inilah percakapan ketika ujian berlangsung.

fikri : "sstt djie. liat yang lo bisa dong"
adjie : *geleng - geleng*

gw liat adjie malah gambar di kertas buram yang seharusnya digunakan untuk coretan. hahaha.

fikri : "sstt bi. liat yang mana aja lo bisa dong"
wibi : *ngasi contekan lewat laci bawah gw*

gw ambil. ternyata yang dikasih wibi jawaban pertanyaan yang gw bisa. jadi ga guna. hahaha.

gw ngeliat jam. tinggal stengah jam lagi. gw cuman jawab 1 soal dari 4 atau 5 soal seharusnya. akhirnya otak gw bekerja. *ah biar keliatan penuh, gw nulis soalnya aja*. akhirnya semua soal gw salin serapi dan sedetail mungkin. dan gw sempet berniat untuk menambah kertas. tapi ga jadi soalnya agak lucu juga, nambah kertas kok isinya soal lagi. jadi lembar jawaban gw isinya cuman 1 nomer jawaban dan 4 atau 5 nomer yang lain adalah soal sepersis mungkin. lengkap dengan tabelnya dan hasil jawaban eviews. hahaha. dan lagi - lagi nilai B mengisi daftar nilai gw.

agak aneh yah? entah apa yang membuat itu. inilah keajaiban alam, aku mempercayainya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar